Friday, 02 November 2012

Menkeu: Dana Pensiun Turut Jaga Pasar Modal

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai dana pensiun ikut berperan dalam menekan fluktuasi yang terjadi dalam pasar modal. Ini terbukti saat krisis keuangan yang terjadi dua tahun lalu.

"Pada saat itu dana pensiun tidak turut melepas instrumen pasar modal dalam portfolio investasinya. Namun, dana pensiun justru menambah investasi di pasar modal dengan menempatkan dana iuran yang berasal dari periode itu," kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam Malam ADPI Award, Rabu (13/10/2010).

Menurut Agus, industri dana pensiun di Indonesia telah melalui sejarah panjang. "Awalnya, yayasan dana pensiun didirikan oleh negara dan badan swasta sebagai bentuk jaminan kesejahteraan hari tua karyawan," katanya.

Dalam perjalanan sejarah dana pensiun, Agus mengakui kiprah Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) yang telah ada sebelum UU No 19 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Agus mengatakan, sejak awal ADPI menjadi mitra pemerintah dalam peningkatan kualitas pengelolaan dana pensiun.

Agus mengatakan, masa pensiun semestinya menjadi masa yang bahagia. "Sebagai seorang pekerja, sudah semestinya mempersiapkan masa pensiun yang baik," ujarnya. Maka dari itu, Agus menyarankan agar pengusaha mempunyai program dana pensiun bagi karyawannya.

Pentingnya dana pensiun dipahami oleh pemerintah untuk menjaga tetap sehat. "Pemerintah sudah membuka diri agar bagaimana caranya industri dana pensiun menjadi sehat," katanya.

Sumber: Kompas

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Hubungi Kami
Wisma Bumiputera, 2nd Floor, Suite 205 Jl. Jend. Sudirman Kav. 75
DKI Jakarta 12910
Indonesia
Phone: 021 - 5713007
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tentang Kami

  • Sejarah Singkat
    Perkumpulan Dana Pensiun Lembaga Keuangan Indonesia (P-DPLK) pertama kali berdiri pada tahun 1997 sebagai organisasi nirlaba dengan tujuan meningkatkan peran…
    Read more