Thursday, 09 July 2020

Asosiasi DPLK Gelar Seminar Daring Tantangan Ekonomi dan Investasi di Masa Covid-19

Bertajuk "Tantangan Ekonomi dan Investasi Tahun 2020-2021 serta Strategi bagi Peserta Dana Pensiun", Perkumpulan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) hari ini menggelar seminar daring investasi dana pensiun melalui zoom video conference.  Acara yang dibuka Nur Hasan Kurniawan, Ketua Umum PDPLK ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Adler H. Manurung sebagai Professor Banking and Finance - Doctor of Research in Management Bina Nusantara University. Bertindak sebagai moderator Daneth Fitrianto, Wakil Ketua Umum Bidang Investasi Perkumpulan DPLK.

 

Diikuti 105 peserta, seminar daring ini bertujuan untuk menambah wawasan terkait kondisi ekonomi dan antisipasi aspek investasi dana pensiun di masa pandemi Covid-19. Karena secara realistis, wabah Covid-19 telah menciptakan guncangan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Konsekuensinya menimbulkan tantangan yang besar terhadap kondisi ekonomi nasional, di samping perlunya langkah antisipatif terhadap persoalan investasi termasuk di sektor dana pensiun. 

 

“Akibat Covid-19 ini diprediksikan pertumbuhan ekonomi akan negatif di beberapa wilayah di Indonesia. Prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebelum Covid-19 tadinya 5,3% menjadi 1,4% di tahun 2020 ini. Karena ada guncangan di penawaran dan permintaan pasar. Maka kondisi ini harus diantisipasi oleh pelaku industri termasuk dana pensiun” ujar Prof. Adler dalam pemaparannya.

 

Lebih lanjut lagi, Adler menyatakan ada banyak sektor ekonomi yang terdampak Covid-19. Maka strategi investasi yang bisa dilakukan adalah “beli dan tahan” dalam situasi sekarang. Untuk itu, pola investasi harus memperhatikan aspek-aspek seperti: jangka waktu, mengenali profil peserta dana pensiun, mengelola risiko, memperhatikan special requirement, dan pajak yang diberlakukan di investasi.

 

Seminar daring investasi dana pensiun ini merupakan seminar seri ke-2 yang digelar Perkumpulan DPLK sebagai antisipasi terhadap kondisi pandemi Covid-19. Agar pelaku dana pensiun, khususnya DPLK dapat mengelola dengan baik aspek investasi di DPLK. Sehingga tidak berdampak negatif terhadap peserta DPLK.  

 

“Perkumpulan DPLK berharap dengan seminar daring ini, upaya edukasi kepada peserta DPLK dapat dilakukan terus-menerus. Karena di balik Covid-19 ini ada hikmah bagi pelaku DPLK agar meningkatkan pelayanan kepada peserta, di samping edukasi soal investasinya” kata Nur Hasan Kurniawan di sela acara.

 

Wabah Covid-19, mau tidak mau, telah memberikan tantangan ekonomi dan investasi yang perlu diantisipasi. Karena itu, pelaku DPLK harus memperkuat edukasi dan sinergi bersama peserta DPLK. Agar ekspektasi peserta tetap dapat dipelihara… #YukSiapkanPensiun #DPLK

Hubungi Kami
Wisma Bumiputera, 2nd Floor, Suite 205 Jl. Jend. Sudirman Kav. 75
DKI Jakarta 12910
Indonesia
Phone: 021 - 5713007
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tentang Kami

  • Sejarah Singkat
    Perkumpulan Dana Pensiun Lembaga Keuangan Indonesia (P-DPLK) atau dikenal dengan Asosiasi DPLK pertama kali berdiri pada tahun 1997 sebagai organisasi…
    Read more